IT Literacy adalah kemampuan yang diharapkan untuk dimiliki oleh setiap manusia agar dapat mengerjakan segala pekerjaannya secara efektif yaitu dengan memanfaatkan beragam teknologi digital, peralatan komunikasi dan jaringan komputer. Dengan pengetahuan yang telah dimilikinya nanti, maka akan mempermudah menghasilkan data, mengolah data menjadi informasi, memperoleh pengetahuan dari teknologi yang digunakan, serta ikut aktif di dalam proses pengembangan teknologi-teknologi terkini. Dalam mengolah data informasi, tentunya harus dipastikan terlebih dahulu kebenarannya, jangan sampai informasi yang di olah tersebut Hoax.
IT Literacy menjadi suatu hal yang penting di dalam kehidupan sehari-sehari, dimana pada zaman sekarang disarankan untuk dapat memenuhi persyaratan sesuai dengan Digital Literacy. Dapat kita lihat realitanya yang terjadi pada zaman sekarang, baik pada dunia kerja, dunia wirausaha,serta dunia pendidikan dituntut untuk mengetahui dan paham dengan teknologi yang berkembang. Digital Literacy tidak akan seperti ini untuk selanjutnya, akan tetapi akan terus berkembang. Ketika mengetahui hal tersebut, apakah kita akan selamanya menutup diri dari teknologi ? Ya tentu tidak, mau jadi apa jika tanpa pengetahuan teknologi. Jadi, tingkatkan kemampuan yang kita miliki mengenai teknologi dan mengikuti perkembangannya.
IT Literacy di Dunia Bisnis
Demikian juga, apabila Anda memutuskan untuk membuka lapangan kerja sendiri (wirausaha), baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar, kemampuan akan teknologi informasi dalam bentuk Digital literacy mutlak diperlukan. Hampir semua kegiatan usaha (bisnis) Anda akan memerlukan bantuan komputer dan teknologi lainnya. Misalkan saja dalam hal pelayanan kepada pemebeli (kasir) dan inventori barang dan gudang dengan memanfaatkan komputer, aplikasi POS(Point of Sale), dan idir Anda sendiri (maupun pegawai anda) yang memiliki kemampuan di dalam pengoperasian aplikasi hingga manajemen data, perbaikan (troubleshooting), dan pengembangan lainnya.
Contoh lainnya, misalkan pemahaman anda akan Data Mining untuk penentuan strategi bisnis perusahaan atau usaha kecil Anda. Misalkan saja Anda mengumpulkan data penjualan barang-barang di toko Anda selama sebulan, untuk kemudia melakukan proses penambahan data (data mining) di dalamnya. Dari hasil data mining tersebut, diperoleh beberapa buah informasi sebagai berikut (asumsikan toko Anda menjual kebutuhan sehari-hari):
11. Konsumsi terbesar adalah para ibu-ibu rumah tangga.
22. Barang yang banyak dibeli selama sebulan adalah terigu, gula, dan telur. Rupanya akan digunakan untuk membuat kue.
33. Konsumen sangat menyukai adanya diskon maupun undian berhadiah.
Berdasarkan ketiga buah informasi di atas (yang diperoleh dari hasil data mining yang menjadi pengetahuan bagi Anda), maka Anda akan terbantu di dalam penentu keputusan (decision making) terhadap strategi bisnis anda. Dalam hal ini, anda dapat menentukan keputusan berikut ini untuk menjadikan usaha di toko anda makin sukses :
11. Meletakkan barang secara berdekatan (terigu, gula, telur), sehingga pembeli akan dengan mudah mengambil(membeli) ketiga barang ini secara bersamaan tanpa perlu repot-repot ke rak lainnya. Ketiga barang ini diperlukan oleh konsumen.
22. Memberikan bonus resep masakan bagi pembeli terbanyak, pelanggan untuk meningkatkan keputusan mereka.
33. Memberikan diskon maupun undian untuk nominal pembelian yang ditentukan.
44. Diskon (dengan nominal yang ditentukan) pda jam malam menjelang toko tutup atau disaat-saat tertentu.
Serta masih banyak sekali contoh-contoh lainnya di dalam kehidupan sehari-hari (terkait bisnis dan wirausaha), di mana anda sebagai penggerak utama bisnis wajib memiliki kemampuan terkait dengan teknologi informasi (Digital literacy) untuk menunjang bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar